Jumat, 20 Mei 2011

Constellations

Nah,untuk yg satu ini saia akan bahas masalah RASI BINTANG atau bhs inggrisnya constellations.
Sekali-sekali lah bahas pelajaran..ehehehe
alasan aq buat entri ini adalah : aku suka bgt sama langit malam (itu juga alasan blogku namanya Nocturn)




Andromeda : adalah suatu rasi bintang yang melambangkan putri Andromeda, di langit utara dekat Pegasus. Rasi ini cukup panjang dan redup, membentuk huruf "A".




Antlia : Menurut bahasa Latin artinya pompa air,suatu rasi bintang yang relatif baru dan dibentuk pada abad ke-18. Nama lainnya adalah Machine Pneumatique dan Luft Pumpe.




Apus : Artinya Cendrawasih,pertama kali ditemukan dalam Uranometria (semacam atlas rasi bintang) yang ditulis oleh Johann Bayer. Nama lainnya adalah Avis Indica (dari bahasa Latin), Paradisaeus Ales (Bhs Yunani), Yìquè (Cina).




Aquarius : Artinya pembawa air, dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Aquarius, terlahir pada 20 Januari hingga 18 Februari. Bagi yang memiliki zodiak Aquarius pasti tertarik mengetahui nama lainnya yaitu : Hydrokhoos (Yunani),
GU.LA (Sumeria), Shabatu (Babilonia), Monius (Mesir Kuno). Jadi nanti kalau ada yang tanya: "rasi bintangmu apa?" jawabnya "Shabatu,Monius,Aquarius" eheheheh.




Aquila : Artinya elang,salah satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Ptolemy dan sekarang juga bagian dari 88 rasi yang diakui oleh IAU. Nama lainnya : Taushaugjil,Shahin tara zed




Ara : Berarti Altar,adalah suatu rasi bintang di selatan yang berada di antara rasi bintang Centaurus dan Lupus.




Aries : salah satu dari rasi bintang zodiak, sang domba. Rasi ini berada antara Pisces di sebelah barat dan Taurus di sebelah timur.Individu yang memiliki bintang Aries, terlahir pada 21 Maret hingga 19 April. Nama lain : Athamas,Cornus,Kiang Leu.




Auriga : adalah suatu rasi bintang di belahan utara. Rasi ini adalah satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy, dan juga satu dari 88 rasi bintang modern. Bintang tercerahnya adalah Capella, yang dihubungkan dengan Amalthea. Tiga bintangnya, Epsilon, Zeta dan Eta Aurigae disebut "Anak-anak". Nama lain : Rukubi,Aix Olenios.




Cancer : Dalam astronomi dan astrologi, Cancer, kepiting, adalah salah satu dari 12 rasi bintang zodiak. Cancer berukuran kecil dan redup, dan banyak orang menganggap rasi ini tidak menyerupai kepiting. Rasi ini berada di antara Gemini di sebelah barat dan Leo di sebelah timur, Lynx di sebelah utara serta Canis Minor dan Hydra di sebelah selatan. Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Cancer, terlahir pada 22 Juni hingga 22 Juli.




Capricornus : Capricornus adalah salah satu dari rasi bintang zodiak. Biasanya dikenal sebagai Capricorn, khususnya dalam astrologi. Rasi ini melambangkan kambing bertanduk, sekalipun kadang banyak yang menyebutnya kambing laut. Capricornus adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Ptolemy. Dalam batas rasi bintang modern, rasi ini dikelilingi oleh Aquila, Sagittarius, Microscopium, Piscis Austrinus dan Aquarius.
Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Capricorn, terlahir pada 22 Desember hingga 19 januari.




Cassiopeia : Cassiopeia adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang melambangkan ratu legenda dari Ethiopia, Cassiopeia, yang merupakan istri dari Cepheus dan ibu dari Andromeda. Dan menurut perkembangan yang ada Cassiopeia adalah sebutan untuk fans Dong Bang Shin Ki/DBSK.




Cepheus : Cepheus adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang melambangkan raja legendaris di Ethiopia, yang juga merupakan istri dari Cassiopeia dan ayah dari Andromeda.




Chamaeleon : adalah sebuah rasi bintang kecil di langit selatan. Konstelasi ini dinamakan atas bunglon (bahasa Inggris: Chameleon), sejenis reptilia. Di Australia, rasi bintang ini kadang disebut "Panci Penggorengan".




Draco : Draco adalah sebuah rasi bintang di langit utara jauh. Namanya adalah bahasa Latin untuk naga. Draco tidak pernah tenggelam dari horizon karena ia berada di hemisfer utara. Draco adalah salah satu dari 48 konstelasi yang ditemukan oleh antariksawan abad ke-2 Ptolemius, dan hingga sekarang tetap menjadi salah satu dari 88 rasi bintang modern. Draco adalah nama depan dari tokoh antagonis di serial Harry Potter.




Gemini : artinya si kembar,adalah salah satu dari rasi bintang zodiak. Rasi ini adalah bagian dari langit musim dingin, berada antara Taurus di sebelah barat dan Cancer yang redup di sebelah timur, dengan Auriga dan Lynx yang hampir tak kelihatan di sebelah utara, serta Monoceros dan Canis Minor di sebelah selatan.
Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Gemini, terlahir pada 21 Mei hingga 21 Juni.




Leo : artinya Singa adalah suatu rasi bintang dari zodiak. Leo berada di antara Cancer di sebelah barat dan Virgo di sebelah timur. Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Leo, terlahir pada 23 Juli hingga 22 Agustus.




Libra : artinya timbangan adalah suatu rasi bintang zodiak. Rasi ini adalah suatu rasi bintang yang redup dan tidak memiliki bintang dengan magnitudo pertama, berada di antara Virgo di sebelah barat dan Scorpius di sebelah timur.
Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Libra, terlahir pada 23 September hingga 22 Oktober. Nah ... saia termasuk cewek Libra ^_^




Lyra : Artinya adalah alat musik lira. Merupakan bagian dari daftar 48 rasi bintang Ptolemy dan juga satu dari 88 rasi bintang modern yang diakui oleh IAU. Lyra tidak terlalu besar, tetapi tetap mudah ditemukan karena bintang utamanya, Vega, adalah juga titik dalam "segitiga musim panas". Mulai dari utara, Lyra dikelilingi oleh Draco sang naga, Hercules sang pahlawan Romawi, Vulpecula sang rubah kecil dan Cygnus sang angsa. Lyra adalah tokoh utama dalam film The Golden Compas.




Ophiuchus : salah satu dari 88 rasi bintang, dan juga satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy. Dari ke-13 zodiak modern (rasi bintang pada ekliptika), Ophiuchus adalah satu-satunya yang tidak termasuk lambang astrologi.




Orion : Orion atau bintang Belantik, adalah suatu rasi bintang yang sering disebut-sebut sebagai sang Pemburu. Rasi ini mungkin merupakan rasi yang paling terkenal dan mudah dikenali di angkasa. Orang Jawa mengenal bagian deretan tiga bintang sabuk dan deretan tiga bintang pedang sebagai rasi Waluku ("Bintang Bajak"). Bintang-bintang terangnya terletak pada ekuator langit dan terlihat dari seluruh dunia, sehingga membuat rasi ini dikenal secara luas.




Pegasus : Dalam mitologi Yunani, Pegasus adalah seekor kuda bersayap yang merupakan putra Poseidon dan Medusa. Poseidon memperkosa Medusa sehingga Athena mengubah Medusa menjadi monster. Suatu hari Perseus, dengan dibantu oleh Athena, berhasil memnggal kepala Medusa, dan dari darah Medusa terlahir Pegasus.
Pegasus membantu Bellerofon sang pahlawan dalam perlawanannya melawan Chimaera dan bangsa Amazon. Suatu ketika, Bellerofon mencoba menerbangkan pegasus ke Olympus sehingga para dewa menghukumnya dan menjatuhkan Bellerophon dari Pegasus. Sejak saat itu, Pegasus menjadi pembawa petir untuk Zeus. Pegasus dijadikan judul "Barbie".




Pisces : Pisces (Ikan) adalah suatu zodiak rasi bintang berada antara Aquarius di sebelah barat dan Aries di sebelah timur. Pisces merupakan lambang astrologi ke-12 dalam sebuah zodiak, yang berasal dari Konstelasi Pisces. Dalam astrologi, Pisces identik dengan lambang feminin atau negatif. Juga merupakan perlambangan air. Dalam zodiac dilambangkan dengan sepasang ikan yang berenang dengan arah berlawanan. Secara tradisional, Pisces bertahta di Planet Jupiter, tapi sejak penemuannya, Neptunus merupakan tahta modern dari lambang ini.
Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Pisces, terlahir pada 19 Februari hingga 20 Maret.




Sagittarius : artinya Pemanah adalah suatu rasi bintang dari zodiak. Sagittarius berada di antara Scorpius di sebelah barat dan Capricornus di sebelah timur. Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Sagittarius, terlahir pada 22 November hingga 21 Desember. Saya baru tahu kalau Sagittarius pakai double t.




Scorpius : artinya Kalajengking adalah salah satu dari rasi bintang zodiak. Dalam astrologi barat rasi ini juga dikenal sebagai "Scorpio". Dalam tradisi Jawa, rasi ini dikenal sebagai Banyakangrem ("angsa mengeram").
Rasi ini berada di antara Libra di sebelah barat dan Sagittarius di sebelah timur serta merupakan salah satu rasi besar yang terletak di belahan selatan dekat pusat Bima Sakti. Sebagai salah satu rasi zodiak, ia dilewati oleh garis imajiner ekliptika. Ia mudah dikenali dari rangkaian bintang yang membentuk seperti huruf S atau J besar di belahan langit selatan.




Taurus : Taurus adalah salah satu dari rasi bintang zodiak, Taurus dilambangkan dengan kerbau. Rasi ini terletak antara Aries di sebelah barat dan Gemini di sebelah timur; di sebelah utara terdapat Perseus dan Auriga, di sebelah barat daya terdapat Orion, dan di sebelah tenggara terdapat Eridanus dan Cetus.




Virgo : artinya perawan adalah suatu rasi bintang dari zodiak. Berada di antara Leo di sebelah barat dan Libra di sebelah timur, rasi ini adalah salah satu dari rasi bintang terbesar di langit.Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Virgo, terlahir pada 23 Agustus hingga 22 September.






0 komentar:

Posting Komentar